Jumat, 19 Mei 2017

Apa Saja Penyebab Telat Datang Bulan Pada Wanita

Pada umumnya pemicu terlambat datang bulan antara wanita satu dan wanitayang lain tidaklah selalu sama. Hal semacam ini karena terdapat banyak kemungkinan kenapa seseorang wanita terlambat haid atau menstruasi. Akan tetapi, umumnya banyak wanita mengambil kesimpulan terlampau dini dan terburu-buru dengan menganggap hal itu sebagai sinyal kehamilan. pasalnya telat haid atau menstruasi ini begitu sama dengan tanda-tanda wanita yang tengah hamil.

Memang telat haid merupakan satu diantara sinyal kehamilan akan tetapi umumnya tanda tanda kehamilan bakal nampak berbarengan dengan tanda-tanda lain, seperti mual, muntah, kepala pusing, tubuh cepat capek, serta lain sebagainya. Jadi bila cuma terlambat datang bulan saja tidak ada tanda-tanda lain jadi itu bukan satu sinyal hamil dan bisa dipicu oleh hal yang lain.

Apa Penyebabnya Terlambat Datang Bulan pada Wanita?

Menstruasi berlangsung karna peluruhan dinding sisi dalam rahim. Ovarium dengan teratur membuahkan sel telur, yang mana bila tak dibuahi bakal memberi tanda pada rahim untuk mengawali sistem menstruasi itu. Bila ovarium terlambat membuahkan sel telur maka bakal terlambat juga sinyal yang dikirimkan ke rahim. Keterlambatan menstruasi bermakna akan menyebabkan sulitnya memastikan masa subur yang akan merepotkan untuk rencana kehamilan.

Dengan cara normal wanita rata-rata mempunyai siklus dalam hal menstruasi tiap-tiap 28 hari, dengan jarak sekitar pada 21 hari sampai 35 hari. Tanggal terjadinya menstruasi tidaklah senantiasa sama setiap bulannya dengan senantiasa berubah sekian hari, terkecuali bila memanglah siklus menstruasinya kebetulan sekitar kurang lebih 30-31 hari. Lantas kenapa dapat berlangsung telat datang bulan? Apa pemicunya? Di bawah ini penuturannya.

Permasalahan Psikis
Hal pertama yang kemungkinan besar dapat menyebabkan seseorang wanita terlambat datang bulan yaitu karna aspek psikis. Beberapa hal yang mengakibatkan terjadinya stres, salah satunya desakan lingkungan kerja, kelelahan, masalah rumah tangga, serta lain sebagainya. Stres bakal mengakibatkan tidak seimbangan hormon yang dihasilkan badan yang mengakibatkan terlambatnya ovulasi, pelepasan sel telur oleh ovarium.

Aspek Usia
Aspek penyebabnya terlambat datang bulan selanjutnya dapat berupa factor umur. Pada umur remaja tubuh mengalami banyak pergantian hormon, tubuh yang tengah menyesuaikan dengan hormon kewanitaan terkadang bakal mengakibatkan telat datang bulan. Demikian pula pada umur 45-55 th. atau awal menopause, badan kembali alami saat transisi yang akan mengakibatkan haid kurang teratur. Setelah benar-benar mengalami menopause, wanita samasekali akan tidak mengalami haid lagi karna ovarium telah tak membuahkan sel telur.


Aspek PCO
Aspek PCO atau polycystic ovary yaitu saat badan wanita membuahkan semakin banyak hormon pria Androgen-Testosteron dari pada hormon wanita Estrogen serta Progesteron. Ini bakal mengakibatkan ovarium tak dapat menghasilkan sel telur yang prima, hingga pelepasannya bukan ovulasi. Bila tak berlangsung ovulasi, jadi tak terjadi haid. Aspek PCO ini dapat mengakibatkan tidak haid kurun waktu lama, dapat berbulan-bulan. Berita jeleknya yaitu bila tak berlangsung ovulasi maka akan susah mengalami kehamilan.

Aspek berat tubuh
Aspek selanjutnya yaitu berat tubuh. Berat tubuh yg tidak ideal, baik itu di bawah atau di atas berat tubuh ideal bakal mengakibatkan terlambat haid. Perubahan berat badan yang mendadak dapat juga jadi pemicunya. Berat badan di bawah ideal bakal mengakibatkan kegunaan organ badan tak optimal, termasuk pada organ kewanitaan, apabila berat badan sangat ekstrim di bawah berat ideal. jadi akan tidak berlangsung ovulasi sekalipun. Hal semacam ini mungkin saja karna badan mengambil keputusan bahwa sedang tak berada dalam keadaan ideal untuk mempunyai keturunan.

Demikianlah artikel ini membahas mengenai apa saja penyebab telat datang bulan pada wanita. akan tetapi dan jauh lebih bijak jika anda langsung berkonsulasi dengan dokter,sp.og.

Baca Juga

Apa Saja Penyebab Telat Datang Bulan Pada Wanita
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan